Thursday, July 27, 2017

Wajib Tau! Jika Tubuhmu Mengeluarkan "11 Gejala Seperti Ini" Tandanya Kamu "Kurang Minum Air Putih"! #9 Sih Semua Orang Sering Mengalaminya!

loading...
loading...

Tidak ada banyak hal di dunia ini yang lebih menyegarkan daripada segelas air dingin. Segelas air putih bisa lebih memuaskan daripada secangkir kopi atau sekaleng soda. Meskipun demikian, terlalu banyak dari kita masih saja kurang minum air dalam porsi yang cukup setiap harinya. Dengan kebiasaan kurang minum air putih ini, tanpa disadari kita ini sedang merusak tubuh kita sendiri. Jika kamu mengenali tanda-tanda berikut ini dalam dirimu, sebaiknya kamu harus menjadikan minum air putih sebagai kebiasaan sehari-harimu.

1. Mulut kering

Ini nampaknya cukup jelas. Tentu saja, kamu pernah merasakan mulut kering bukan? Untuk menyegarkan kembali mulut kering, biasanya kebanyakan orang akan minum minuman bersoda atau minuman manis, faktanya itu hanyalah solusi sementara. Minum air putih yang akan meningkatkan kinerja selaput lendir di mulut dan tenggorokan, yang akan terus membuat mulutmu lembab dengan air liur.


2. Kulit kering

Kulit adalah organ tubuh terluar dari tubuh, jadi tentu saja kondisi kulit harus tetap terhidrasi. Sebenarnya, kulit kering adalah salah satu tanda awal dehidrasi, yang mana jika kondisi ini dibiarkan terus menerus dapat menyebabkan masalah yang jauh lebih besar. Kurangnya asupan air berarti mengurangi kadar keringat, menyebabkan ketidakmampuan tubuh membersihkan sisa kotoran dan akumulasi minyak sepanjang hari. Jika kamu ingin terbebas dari jerawat, jalan satu-satunya adalah minum lebih banyak air.

3. Sering haus

Bagi kamu yang sering mengkonsumsi alkohol sampai mabuk, setelah bangun tidur, tubuhmu akan berada pada kondisi kekurangan air. Dikarenakan alkohol akan membuat tubuhmu menjadi dehidrasi. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu segera minum air putih yang banyak hingga tingkat cairan dalam tubuhmu menjadi normal.

4. Mata kering

Kurangnya asupan air juga dapat menyebabkan mata kering dan merah. Tanpa air yang cukup dalam tubuh, saluran dan kandungan air di mata akan mengering. Jika kamu berpikir 'bagaimana jika saya tidak bisa menangis?', sadarilah bahwa ini bisa menyebabkan kerugian bagi matamu terutama jika kamu memakai lensa kontak setiap hari.

5. Nyeri sendi

Cakram tulang rawan dan tulang belakang kamu terdiri dari sekitar 80% air. Ini adalah kebutuhan mutlak untuk menjaga agar tulang kita tidak saling menggiling satu sama lain dengan setiap langkah yang kita ambil. Dengan menjaga agar tubuh tetap terhidrasi, maka kamu harus memastikan bahwa sendimu bisa merespons kejutan dari gerakan mendadak, seperti berlari, melompat, atau jatuh.

6. Bobot otot menurun

Otot juga terdiri dari air. Jelas, sedikit air dalam tubuh berarti lebih sedikit bobot ototmu. Minum air putih sebelum, selama, dan setelah berolahraga tidak hanya membuat tubuhmu terhidrasi dan nyaman, juga membawa air ke tempat yang tepat di tubuhmu, dan mengurangi kemungkinan berkembangnya peradangan dan nyeri yang berkaitan dengan olahraga dan pengangkatan beban.

7. Jauh dari `hidup sehat`

Air putih membantu tubuhmu untuk terus-menerus mengeluarkan racun. Organ tubuhmu bekerja untuk menyaring produk limbah tertentu seperti mesin, tapi jika kamu tidak memberi bahan bakar pada mesin tersebut, maka ia tidak bisa bekerja dengan benar. Apa yang akhirnya terjadi pada tubuh yang mengalami dehidrasi adalah organ mulai menarik air dari daerah yang tersimpan seperti darah, yang pada akhirnya malah akan menyebabkan masalah baru.

8. Merasa lelah dan lesu

Seperti yang baru saja kita sebutkan, ketika tubuh mengalami dehidrasi maka tubuh akan "meminjam" air dari darah. Kurangnya darah yang terhidrasi dengan baik menyebabkan kekurangan oksigen yang akan dibawa ke seluruh tubuh. Tentu saja, kekurangan oksigen menyebabkan kantuk dan efek kelelahan yang luar biasa.

9. Sering merasa lapar

Saat kamu mengalami dehidrasi, tubuhmu mungkin mulai berpikir bahwa ia membutuhkan asupan makanan. Hal ini akan terjadi sepanjang hari, dan saat malam hari, kamu akan terbangun dengan keinginan untuk memakan camilan di tengah malam. Ingat, makanan hanya akan membuat tubuhmu bekerja lebih keras lagi, sedangkan air minum akan membersihkan organ tubuhmu dari racun yang ada dan memasoknya dengan bahan bakar yang dibutuhkannya melalui proses lain yang dialami tubuh.

10. Mengalami masalah pencernaan

Sebelumnya telah kita bahas bahwa keadaan dehidrasi juga akan mengurangi jumlah air liur di mulut dan tenggorokan, efek selanjutnya, ini juga akan mempengaruhi keseluruhan sistem pencernaan. Tanpa hidrasi yang tepat, jumlah lendir di perut pun akan berkurang, sehingga asam lambung menyebabkan kerusakan besar pada bagian dalam tubuhmu. Hal ini menyebabkan apa yang biasa kita sebut sebagai mulas dan gangguan pencernaan.

11. Mengalami penuaan dini

Jumlah air di tubuh seseorang secara otomatis akan berkurang dengan sendirinya seiring dengan bertambahnya usia orang tersebut. Sangat jelas, artinya, seiring bertambahnya usia, kita harus secara sadar meningkatkan asupan air bagi tubuh kita. Sementara jika kamu tidak memperhatikan kebutuhan tubuhmu yang satu ini, maka proses penuaan akan semakin cepat, bukan hanya karena faktor usia, namun juga ditambah dengan kurangnya cairan di tubuh.

Jadi, sahabat Cerpen, mulai saat ini, kita harus lebih rajin lagi ya buat minum air putih. Demi kesehatan, demi kecantikan dan lebih hemat pastinya??

Semoga artikel ini bermanfaat ya, sahabat Cerpen! Dishare yuk!

Sumber: brightside

Back To Top