Thursday, July 27, 2017

Ternyata "Makan Kuning Telur dan Tetap Sehat" Ada Caranya! Menurut Ahli, "Cara Makan Seperti Ini" Baru Berbahaya!

loading...
loading...

Telur adalah makanan yang sangat mudah didapat dan dicintai oleh banyak orang. Selain itu cara masak yang mudah dan rasanya yang nikmat membuat telur menjadi makanan kesukaan banyak keluarga. Tapi ironisnya, tidak sedikit juga orang-orang yang takut makan telur, atau hanya makan putih telur karena takut kadar kolesterol dalam darah terlalu tinggi.

Tapi apakah semua ini benar atau hanya mitos? Sebenarnya haruskah kita makan kuning telur?


Peneliti mengatakan kalau sebenarnya kuning telur adalah salah 1 makanan yang kadar kolesterolnya cukup tinggi. Di dalam 50 gram telur, dikatakan ada 200 miligram kolesterol yang terdapat di dalamnya. Selain itu kolesterol hanya terdapat pada makanan-makanan hewani dan tidak terdapat pada makanan-makanan nabati. Biji-bijian, sayur-sayuran, dan buah-buahan tidak mengandung kolesterol. Lalu bagaimana dengan kuning telur? Apakah makan kuning telur bisa berbahaya bagi tubuh?

Para peneliti mengatakan bahwa sebenarnya kolesterol adalah salah 1 zat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk berfungsi maksimal. Tubuh manusia sendiri akan memproduksi sekitar 4/5 dari jumlah kolesterol yang dibutuhkan oleh tubuh dan kita harus memperoleh sisanya dari makanan.

Karena alasan ini juga para ahli menyarankan supaya kita memperoleh kolesterol yang cukup setiap harinya. Kadar ini bisa dicapai dengan konsumsi sebutir telur utuh setiap hari. Sebenarnya mengkonsumsi telur beserta dengan kuningnya tidak akan berbahaya karena tidak semua kolesterol yang ada bisa langsung diserap oleh tubuh. Bahkan kolesterol yang akan terserap oleh tubuh mungkin hanya sedikit. Tapi tentu saja, hal ini tidak boleh menjadi alasan supaya kita bisa makan telur dalam jumlah yang berlebihan.

Selain itu, para ahli juga menyarankan untuk berhenti mengkonsumsi telur atau membuang kuning telur dan hanya makan putihnya. Untuk orang yang sehat, konsumsi sebutir telur utuh sangat dianjurkan karena selain kolesterol, kuning telur juga mengandung protein dan zat gizi lainnya yang berguna untuk tubuh. Selain itu para ahli juga percaya bahwa orang-orang yang berhenti makan telur memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk terserang penyakit Alzheimer di masa tuanya.

Lalu bagaimana dengan orang-orang yang kadar kolesterol dalam tubuhnya sudah tinggi?

Pertama yang pasti, kurangi makan makanan yang kadar kolesterolnya tinggi, seperti hati, jantung, kepiting, dan lainnya. Tapi yang pasti untuk telur, para ahli tidak menyarankan supaya kita hanya makan putih telur dan membuang kuning telur, bahkan untuk orang tua. Untuk orang-orang dengan kadar kolesterol yang lebih tinggi, para ahli menyarankan supaya mereka makan telur 2 hari sekali, atau makan sebutir telur setiap hari dengan cara makan setengah butir di pagi hari dan setengah lagi di siang hari. Hal ini membuat kolesterol yang masuk ke dalam tubuh tidak terlalu banyak dalam waktu yang singkat.

Lalu bagaimana caranya supaya kita bisa memperoleh kadar kolesterol yang pas setiap harinya?

Kalau dimakan secara teratur, sebenarnya sebutir telur setiap hari cukup untuk memenuhi kebutuhan kolesterol kita. Kurangi makan makanan yang berkolesterol tinggi, dan jangan lupa berolahraga. Kalau kamu ingin menghitung kadar kolesterol yang paling pas untuk tubuh manusia dewasa, 40-50 gram sehari adalah angka yang baik!

Yuk bagikan info ini ke teman-temanmu!

Sumber: Looker

Back To Top